Saturday, November 26, 2011

Partisi untuk Dual OS

Biasanya didalam rumah kita hanya mempunyai satu komputer saja, tapi yang memakai komputer tersebut seluruh anggota Keluarga kita yang memakainya. Lha pada suatu saat kita mempunyai sebuah tugas, tapi tugas tersebut harus dibuat pada sebuah Operating System Khusus sehingga kita membutuhkan komputer tambahan. tentunya kalo kita banyak uang bisa membeli komputer lagi, Lha kalo kekurangan uang gimana ??? huahahaha. Disini saya akan memberi suatu cara untuk memberi Dual Operating System atau lebih padasatu komputer, tentunya Hardisk kita ukurannya lumayan besar. Hah udah ah daritadi ngoceh adja, caranya belum dikasih tahu,, hehehehe. Udah langsung aja, disini kita membutuhkan beberapa software, yaitu :
  1. EaseUS Partition Master, silahkan download.
  2. System Operasi yang diperlukan, misal : Linux Ubuntu, Fedora, Redhat or Windows XP, 7, 8.
Sebelum kita menginstall Sistem Operasi yang ingin kita pakai, sebaiknya kita mengatur ulang partisi sebagai tempat untuk sistem operasi yang mau kita install. Disini saya menggunakan EaseUs Partition Master untuk mengatur ulang partisi tersebut. Cara menggunakanya sebagai berikut :


Gambar diatas merupakan tampilan dari EaseUS Partition Master, disana sudah terdapat partisi untuk linux dan windows.  dalam membuat partisi menggunakan EPM langkah pertama adalah melihat ruang kosong pada hardisk yang ada dalam Komputer kita. Biasanya di EPM disebut unlocated, misalkan hardisk kita masih kosong 100gb, maka kita membuat partisi di ruang tersebut. Tapi jika Hardisk kita penuh, jangan bingung !! kita bisa merubah ukuran dari hardisk yang sudah terpakai, misalnya di drive C masih tersisa 50gb yang belum terisi ,, maka 30gb dari ruang kosong tersebut kita kosongkan dengan cara
  1. klik kanan > resize/move kita bisa menggeser sesuai keinginan,
  2. Jika ruang kosong di drive D lebih banyak, maka lebih bai gunakan partisi di drive D
  3. Klik kanan pada unllocated partition, Maka akan muncul
    dialog create partition.
  4. Partition Type pilih ext2 atau ext3, Jika sudah Klik OK
  5. Klik kanan pada partisi linux, klik resize/move untuk membuat ruang swap ( ruang swap digunakan untuk virtual memory atau logical memory. Diatur 2 kali lebih besar dari memory fisik PC anda. Misalkan memory fisiknya 1GB, maka ukuran raung swap 2GB. klik OK jika selesai.
  6. Klik kanan pada unllocated partisi linux, maka akan muncul ruang dialog seperti : setelah itu pilih partisi type linux swap. Klik OK jika selesai
  7. Untuk mendapatkan perubahan dalam hardisk anda tekan Apply, Jika muncul kotak dialog maka pilihlah yes.
  8. Maka terbentuklah partisi untu linux.
Nah Sekarang Silahkan Masukan CD Linux anda, Silahkan Reboot.


0 komentar:

Post a Comment

NgomeL aja disini..!!