Tuesday, January 17, 2012

Install Windows 7 dengan USB

wkwkwkwk, judul yang aneh, masa' install windows tanpa DVD or CD??? kan aneh. Hehehe mungkin untuk sebagian orang terlihat aneh, dan mungkin juga mustahil. Tapi untuk programmer ataupun orang yang sudah lama mengenal komputer, itu bukan hal yang mustahil. Hehehe udah ah , kita buat saja dulu tutorialnya. Langkah pertama yang harus disiapkan adalah Windows 7 n' USBnya..

Nah disini kan windows 7 misal ingin download kita harus bayar kan, tapi kalo misal anda ingin memakai windows abal atau istilahnya palsu, silakan beli DVDnya yang harganya lumayan murah. Langkah pertama adalah :

  1. Siapkan DVD windows 7 dan USB flashdisk 4GB berformat NTFS ( cara melihat format flashdisk adalah klik kanan pada flashdisk dan pilih properties )
  2. Jika USB flashdisk anda berformat FAT32 silakan rubah dulu kedalam format NTFS dengan cara :
    1. Masuk ke command prompt ( CMD )
    2. koding seperti berikut :
      Misal letak USB flashdisk di drive F : 
    1. Tulis " convert/? " lanjut ke  " convert F : /FS:NTFS "
    1. Jika g da masalah maka akan tertulis "conversion is complete " yang berarti convert berhasil.
  3. Nah sebelum install kita butuh windows7.iso, Jarang sekali ada windows yang berbentuk .iso di internet, jadi kita harus buat windows7.iso manual. langkahnya :
    1. Masukan DVD windows 7 kedalam laptop or PC.
    2. copy semua isi dalam DVD tersebut kedalam laptop anda dan save jadi satu folder di PC or laptop anda.
    3. setelah itu install PowerIso, ultraIso, or apalah yang penting bisa mengkompress suatu folder menjadi file.Iso, tapi saya sarankan menggunakan UltraIso.
    4. Nah sekarang tinggal bentuk folder copyan dari DVD windows itu menjadi file iso. Klik kanan pada folder yang berisi Copyan windows, pilih ultraiso trus pilih " add to namafolder.ISO".
    5. Tunggu sampai file .ISo terbentuk.
  4. Hem Flashdisk format NTFS udah,  Windows7.Iso udah. Nah tinggal memasukan Windows7.Iso kedalam USB flashdisk.
  5. Disini memasukan Windows7.iso kedalam USB flashdisk tidak menggunakan copy - paste, tapi ada software tersendiri untuk memasukannya, silakan download USB creator, g mesti USB creator, banyak software lain yang bisa anda download untuk membuat live USB, seperti Universal-USB-installer, USB creator, windows 7 USB/DVD dan banyak lagi lainnya.
  6. Untuk memasukan windows7.iso kedalam USB dengan bentuk sudah terekstrak otomatis tanpa ekstrak manual. Menggunakan salah satu software diatas.
  7. Setelah proses ekstrak selesai, silakan reboot atau restart komputer anda, setelah reboot aturan dahulu first booting yang akan digunakan, gunakan USB Flasdisk.
  8. Setelah dirubah first boot, Nah langsung Reboot dan secara otomatis akan masuk ke menu installasi windows 7 or XP, 

0 komentar:

Post a Comment

NgomeL aja disini..!!