Friday, December 30, 2011

Error Filesystem Grub Rescue

Nah diposting sebelumnya saya pernah menjelaskan tentang apa itu Bootloader. Bootloader adalah aplikasi yang mengatur,  memuat, dan memanggil linux saat koputer pertama kali dinyalahkan. Dulunya linux punya Lilo bootloader, tetapi sekarang banyak digunakan Grub bootloader. Nah sekarang saya akan memberi tutorial bagaimanna jika grub bootloader itu tidak terbaca, dan mengapa  grub bootloader itu tidak terbaca?. "Orang awalnya setelah keinstall terbaca, tapi tiba - tiba g kebaca, kan aneh????" huahahahaha. Disini mengapa grub bootloader tiba - tiba tidak terbaca, biasanya dikarenakan kita mengubah partisi hardisk di drive C, D, ataupun di drive lainnya. Nah pas kita nyalahkan komputer tiba - tiba muncul pesan "Error Filesystem, Grub Rescue > " Apa g Eteb kalo gitu, mau masuk windows g bisa, masuk safe mode windows juga g bisa, apalagi mau masuk linuxnya, tambah kaga bakal bisa.

Pesan tersebut muncul karena grub bootloader dari partisi satu ke partisi lain. Cara mengembalikannya anda tidak perlu susah - susah install ulang sistem operasi yang sudah ada dalam komputer anda. Disini anda cukup mendownload suatu software yaitu SGD ( supergrubdisk ). dengan supergrub disk, masalah tersebut bisa otomatis diatasi. Tapi untuk tutorial supergrubdisk, saya belum tahu cara menggunakannya, heheheheheh maklum masih newbie. Nah saya disini memberi cara manual saja untuk anda, yaitu menggunakan terminal ( Command prompt di linux ).  sebelum anda harus menjalankan linux dengan live CD, nah jadi anda harus punya CD linuxnya. Sekarang saya anggap anda semua mempunyai cd  linuxnya.


  1. Jalankan Linux dengan live CD.
  2. Masuk ke terminal dan ketiklah sepeti berikut :
sudo fdisk -l (Untuk mengetahui dimana letak linux anda terinstall)
sudo mount -t ext3 /dev/sda2 /mnt ( mount adalah untuk memindahkan file grub atau mengkopy file grub ke direktory mnt).
untuk \dev\sda2, silakan ganti dimana tempat anda menginstall linux tersebut misal di sda8, maka silakan ganti dengan \dev\sda8.
 langkah terakhir adalah silakan install lagi grub bootlaoder tersebut dengan mengetik 
sudo grub-install --root-directory=/mnt/ /dev/sda. 
Nah setelah semua langkah tersebut sudah anda jalankan. Silakan Reboot komputer anda Dan eng ing eng .. langsung dah muncul lagi grub bootloadernya, sekarang bisa masuk ke operasi sistem yang ingin anda jalankan. Kalo misalkan cara ini belum berhasil, maka silakan menggunakan cara lain untuk reinstall grub bootloader OS anda.


sumber : http://www.linuxquestions.org/questions/linux-newbie-8/grub-error-unknown-filesystem-grub-rescue-781125/



salam,



carvaDOS

    1 komentar:

    NgomeL aja disini..!!