Thursday, July 19, 2012

Koneksi Database Access Dengan Visual Basic .NET

Nah, setelah lama saya g posting sekarang saatnya saya posting tentang materi yang baru saja saya pelajari, wkwkkwkwkwkwkw baru belajar nih. Koneksi Database Access ke VB.NET tidak begitu sulit. Jadi semua g da yang sulit jika kita mau melakukannya dan berusaha untuk bisa melakukannya. Nah Ngoceh mulu sich. hahahahaha ya udah kita mulai tutorialnya. Pertama silakan buat dulu database Accessnya, simpan dengan format access 2003, karena koding untuk Access 2007 dan 2010 beda di datasourcenya. Setelah membuat databasenya silakan buka microsoft visual studio 2005, 2008, ataupun 2010. Kenapa saya ngomong "ataupun", karena koding antara ketiga visual studio tidak jauh beda. wkwkwkwkwwkwkwk. Kedua buat form baru dan klik "ADD NEW DATASOURCE" dan akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini :

Pilih database dan klik Next aja.  dan akan muncul kotak dialog seperti ini :



Pilih dataset dan klik Next Lagi ,, hahahahahahha
Nah ini agak beda kliknya, klik aja new connection dan akan tampak gambar aneh seperti ini :





Untuk datasource klik change cari "Microsoft Access Database File(OLE DB) seperti gambar diatas, dan untuk Database file namenya, merupakan database yang anda buat tadiny,Setelah selesai klik OK, Tapi jika anda ingin memastikan bahwa database sudah terkoneksi atau belum, Silakan test Connection dulu, Jika g ada kesalahan maka akan tampil kotak dialog seperti ini :
  

Klik OK, dan OK lagi, hehehehe dan selanjutnya NEXT lagi, maka akan tampil seperti ini lagi :
Nah G perlu diapa2kan kotak dialog tersebut langsung saja di NEXT lagi. hahahahha tampil lagi kotak dialognya seperti ini :

 Nah ini kotak dialog terakhir, dan checklist "tables" dan klik finish, nah maaf kalo terlalu banyak tahapanya ,, hehehehehe itu hanya membuat datasourcenya saja, nah untuk membuat koneksi dengan formnya silakan anda buat melalui menu Project ==> Add Module dan ketik koding ini di module tersebut :

Imports System.Data.OleDb
Module Module1
    Public koneksi As OleDbConnection
    Public data As DataSet
    Public baca As OleDbDataReader
    Public adaptor As OleDbDataAdapter
    Public cmd As OleDbCommand
    Public ass As DataTable
    Public str As String

    Public Sub buka()
        str = "provider=microsoft.jet.oledb.4.0;data source=nama_database.mdb"
        koneksi = New OleDbConnection(str)
        If koneksi.State = ConnectionState.Closed Then
            koneksi.Open()
        End If
    End Sub
End Module
Nah Hanya itulah Koneksi database Access ke Visual Basic .NET . Nah Sampai disini saja ya ,, Nanti Diposting lagi VB.NET nya ,,, heheheehehhe



Reaksi:

4 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai vb.net, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
    http://repository.gunadarma.ac.id:8080/bitstream/123456789/1170/1/50407316.pdf

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimkasih om ,,, hehehehe ane newbie nie vb net

      Delete
  2. Tutorialnya bermanfaat, terutama untuk para pemula dalam vb.net. Makasih sudah posting gan. Maju terus para programer Indonesia

    ReplyDelete
  3. trims mas bro, sangat membantu untuk tugas saya ne , perbanyak lagi tutor vb.net-nya

    ReplyDelete

NgomeL aja disini..!!